Pohon Beringin Tumbang

14 Februari 2017 09:30:48 WIB

Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Gunungkidul masih terus terjadi hingga pertengahan bulan Februari ini. Seperti yang terjadi pada Kamis 9 Februari 2017 lalu, hujan lebat disertai angin kencang menyapu sebagian besar wilayah Gunungkidul, akibatnya Pohon Beringin berusia ratusan tahun yang berada di Padukuhan Gadugsari tumbang di terpa hujan disertai angin sangat kencang pada hari itu sekitar pukul 16.10 WIB. Kejadian ini sangat disayangkan oleh sebagian besar warga mengingat Pohon Beringin ini diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai persemayaman dari Nyi Gadung Mlati, yang dikaitkan dengan berdirinya Wonosari. Nyi Gadung Mlati adalah sosok mahluk penguasa Alas Nongko Doyong pada masa dahulu, yang pada saat ini menjadi Wonosari dan sekitarnya.

Tumbangnya Beringin ini tidak membawa korban jiwa, namun batang pohon ini melintang di atas kali Besole yang dikawatirkan dapat menghambat arus air kali tersebut maka pihak Pemerintah Desa Wonosari bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Gunungkidul dibantu KODIM 0730 dan POLRES Gunungkidul bahu membahu membersihkan batang pohon Beringin yang cukup besar ini. Proses evakuasi batang pohon Beringin sendiri dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yang mana pada hari Kamis (pasca roboh) dilakukan pembersihan ranting pohon yang sempat mengenai areal parkir Pertokoan (Amigo) sedangkan dua hari selanjutnya dilakukan evakuasi untuk batang pohon yang melintang di badan Kali Besole.

Walaupun tidak memakan korban jiwa maupun luka, namun robohnya pohon beringin berdampak kepada kerugian materi yakni jebolnya talud Kali Besole yang diperkirakan kurang lebih 6 juta rupiah

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage