Sejarah Desa

30 April 2014 17:20:39 WIB

 

Desa Wonosari dibentuk sekitar tahun 1912 dengan ditunjuknya  Mbah KARTO SENTONO sebagai Lurah Desa dan Cariknya Mbah HARSO DIYONO dengan Bayan Mbah KARIYO namun sayang tidak semua ingat nama  perabot desanya, namun kami penulis masih menelusuri jabatan lurah dengan perangkatnya tersebut di atas dengan surat kekancingan dari siapa. Dari keraton atau dari hindia belanda belum jelas.

 Pada masa itu desa Wonosari terdiri 5 (lima) padusunan yang dipimpin oleh PRABOT yakni:  Prabot Bajangan, Prabot Gadungmlaten, Prabot Branang, Prabot Awar-awar  dan Prabot jeruk,  Dengan pembantu dusun yakni  Kulon pasar dan Kakiman, ini dilihat dari kegiatan Rasul, dimana pada waktu itu yang membawa gunungan ada 5 pedusunan. Dan menurut beliau Kegiatan Rasul sudah bertahun tahun sebelum dilkasanakannya pemerintahan Desa Wonosari (sejarah rasulan dimulai sejak dibukanya wilyah Wonosari/babad alas nongko doyong juga berhubungan dengan berdirinya ibukota/pusat pemerintahan Gunungkidul yang baru), Di masa itu belum terdapat Balai Desa, pelaksanaan pemerintahan di laksanakan di rumah Lurah Desa dengan jadwal kumpul yang di atur, sebulan sekali atau selapan sekali diadakan pisowanan di rumah Lurah

 Mbah Lurah Karto sentono menjadi Lurah Desa Wonosari pertama kurang lebih selama 12 tahun atau sampai dengan kurang lebih tahun 1923 dan diganti WONODIKROMO. Proses penunjukan, pergantian, dan cerita tidak banyak diketahui/ diingat.hanya masa pemerintahan mbah Lurah Wonodikromo kurang lebih 10 Tahun atau sekitar tahun 1933, kemudian diganti mbah Lurah PAWIRODRONO yang masa jabatannya kurang lebih 1 tahun atau sekitar tahun 1934 itu juga ndak diingat/diketahui ceritanya. Setelah itu Lurah Desa dijabat oleh Mbah DIPOWIRYO sampai dengan sekitar tahun 1941. Carik di masa mbah dipowiryo dijabat oleh mbah SASTROSUKARIYO, yang selanjutnya ditunjuk jadi Lurah Desa kurang lebih 4 tahun atau sekitar tahun 1945.

Semenjak tahun 1945 ini Desa wonosari telah melaksanakan pemilihan kepala desa dengan istilah yang dikenal sodonan (lidi). Pada masa dahulu warga sangat jujur, ini dimana dilaksanakan pemilihan dengan memilih  calon kepala desa dengan gambar hasil panen yakani: jagung, ketela,pisang  dengan cara memasukkan sodo ke dalam kotak  yang bergambar  tersebut: pada masa pemilihan ini dimenangkan  oleh Mbah BEJORAHARJO. Pada masa ini Carik dijabat oleh Cipto Sudiyono, jagaboyo/keamanan dijabat oleh Karso Wadiman, Sosial dijabat Sastro Diwiryo, Kemakmuran dijabat Mbah Pujo Sudarmo, Kaum dijabat Tomo Wiyono (staf/Pembantu Muh Maksum) dan pada masa jabatan  Mbah Lurah Bejo raharjo ini telah dibangun Balai desa Wonosari.

 Pada masa ini sesuai dengan kondisi Negara banyak perubahan perubahan yang dillaksanakan diantaranya: 

  1. Padusunan menjadi pedukuhan
  2. 5 Padusunan menjadi 7 Padukuhan yakni: Kulonpasar, Bajangan, Kakiman, Gadungmlaten, Branang, ngawar-awar, Jeruk.
  3. Kegiatan perkantoran di Balai Desa karena sudah punya balai desa, yang sebelumnya di rumah Lurah desa, dengan jadwal kegiatan hari-hari tertentu.
  4. Pengisian jabatan Lurah dan perangkat desa dengan pemilihan warga.

Mbah BEJO RAHARJO  menjabat kurang lebih selama 22 tahun (1967) dan selajutnya Bapak SUHARJO kurang lebih 22 tahun pada masa Bapak Suharjo pada tahun 1971 dilakukan perubahan nama nama padukuhan, yakni   Kulon pasar menjadi Padukuhan Madusari, mBajangan menjadi  Padukuhan Ringinsari, Kakiman menjadi Padukuhan Purbosari, Gadungmlaten menjadi Padukuhan Gadungsari, Branang menjadi Padukuhan Pandansari, Awar-awar menjadi Padukuhan Tawarsari, jeruk menjadi Padukuhan Jeruksari. dan dilanjut Bapak SUJOTO DWIJO WIYOTO 8 Taun dan Bapak SUWONDO 9 tahun (2004 s/d 2013)  di tahun 2013 Bapak AGUS DARMANTO.SIP (Sekretaris Desa) sebagai pejabat Pelaksana Tugas selama 6 bulan dan Bapak TUMIJA dari tahun 2013 sampai sekarang.

Sumber : Mbah Maksum.

Perlu diketahui bahwa sejarah tentang Desa Wonosari ini masih jauh dari sempurna dikarenakan keterbatasan narasumber. Maka dari itu, Pemerintah Desa Wonosari memohon saran dan kritik dari pembaca demi kesempurnaan sejarah Desa Wonosari.

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage