Talud Sungai Longsor Diterjang Banjir

05 Desember 2017 11:12:14 WIB

Cuaca buruk dan bencana banjir akibat Siklon Tropis Cempaka pecan lalu ternyata meninggalkan duka yang mandalam bagi banyak warga di Kabupaten Gunungkidul. Seperti yang terjadi di Desa Wonosari banyak rumah warga yang terendam banjir khususnya di sepanjang bantaran Sungai Besole.

Selain merendam beberapa rumah warga, bencana banjir juga merusak beberapa sarana dan prasarana umum. Seperti halnya di Padukuhan Ringinsari dan Padukuhan Gadungsari, talud sungai yang berada di dua Padukuhan tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah akibat terjangan banjir.

Menurut pengamatan dan pengukuran yang dilakukan oleh Tim, setidaknya 4 m3 di Padukuhan Ringinsari dan 14 m3 di Padukuhan Gadungsari yang mengalami kerusakan 100 % (Roboh) dan 9 m3 di Padukuhan Ringinsari yang mengalami kerusakan 85 % (tingkat kerusakan berat).

Walaupun volume kerusakan tidak begitu luas akan tetapi sehubungan dengan sangat dekatnya sungai dengan pemukiman warga, perlu segera dilakukan penanganan agar tidak membahayakan pemukiman warga yang tepat berada di bantaran sungai.

Pemerintah Desa Wonosari bukan merupakan Desa yang ditetapkan sebagai Desa Rawan Bencana, dengan kata lain Pemerintah Desa Wonosari tidak dapat memasukan pos anggaran tanggap bencana ke dalam struktur APBDes yang tentunya akan mempersulit Pemerintah Desa dalam melakukan penanganan terhadap hal tersebut. Akan tetapi Pemerintah Desa akan melakukan berbagai usaha termasuk mengajukan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten maupun instansi lain guna menangani kerusakan talud sungai di dua Padukuhan tersebut.

Komentar atas Talud Sungai Longsor Diterjang Banjir

Purno Apri Hastuti 25 November 2019 20:52:06 WIB
Setelah sungai ditalut, sangat perlu diupayakan perindang di tepi sungai. Selain mengurangi erosi tanah juga menambah keindahan dan pelestarian lingkungan kawasan sungai. Matur suwun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage

WhatsApp Wonosari

Klik Disini Untuk WA Admin Wonosari