#WartaDesa. Diculik Bu Newu, Bu Bupati Sanjung PTP Wonosari

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 27 Agustus 2021 16:16:12 WIB

Wonosari-SIDA. TP-PKK Kalurahan Wonosari sambut penilaian lomba Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) antar Kalurahan se-Kapanewon Wonosari di Aula Balai Kalurahan Wonosari pada Jum'at, 27 Agustus 2021. Tim Penilai Lomba PTP mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kapanewon Wonosari, Ibu Dyah Setyorini Siswanto  hadir di titik pantau RT 3 Padukuhan Gadungsari dilanjutkan di Kompleks Balai Kalurahan Wonosari Jum'at siang selepas waktu Sholat Jum'at.

Lomba PTP antar Kalurahan se-Kapanewon Wonosari diselenggarakan atas inisiatif dari TP-PKK Kapanewon Wonosari yang menolak pasrah di masa Pandemi Covid-19 saat ini. Lomba PTP ini memiliki maksud dan tujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di masa Pandemi. 

"Yang paling utama adalah bagaimana agar para Ibu-ibu tidak tinggal diam dan pasrah saja menghadapi kondisi saat ini,  tapi saya punya keyakinan bahwa Ibu-Ibu ini adalah orang-orang yang hebat, terbukti bahwa ternyata PTP bisa dilaksanakan dengan sangat baik, saya yakin ini bukan sulapan, tidak mungkin satu-dua hari akan berhasil seperti ini, tidak ada kata dan kalimat yang pas selain Luaar Biasa" tapi paling penting bagaimana dari hasil PTP ini kita bisa berkontribusi untuk mendukung warga kita yang sedang isolasi mandiri, ujar Ibu Diah Siswanto saat memberikan sambutan.

Pada kegiatan ini ada hal yang menarik yakni hadirnya Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunungkidul, ibu Diah Sunaryanta tanpa ada agenda resmi. 

"Nyuwun duko ibu Bupati, sengajar saya culik biar pirso kegiatan ibu-ibu di Kalurahan Wonosari dan Kapanewon Wonosari yang begitu luar biasa, saya berani njawil tanpa menghadap kepada Ibu, nyuwun pangapunten", lanjut Ibu Dyah Siswanto.

Dalam sambutan dan arahannya Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Gunungkidul memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ibu-Ibu yang hadir. "Ide yang sangat bagus ya dari bu Newu melaksanakan lomba PTP ini, sepertinya baru ketemu dengan saya sekarang ya bu, tapi ternyata Ibu-ibu sangat luar biasa, bisa memanfaatkan lahan yang terbatas karena Wonosari itu kota, beda dengan daerah lain, namun bisa berkebun, menanam, semoga kita akan lebih sering ketemu ya ibu-ibu dan semoga Wonosari menang, Aamiin".

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebenarnya verifikasi lapangan lomba PTP ini sedianya dilaksakan pada bulan Juni 2021 yang lalu, namun karena tren kasus Covid-19 naik sehingga baru bisa terlaksana di bulan Agustus 2021 ini. Penilaian lapangan akan dilakukan kepada 14 Kalurahan yang ada di wilayah Kapanewon Wonosari.

Khusus untuk Wonosari, kegiatan serupa sudah lama dilaksanakan dengan dana desa, mulai dari pelatihan & replikasi hidroponik yang sekarang menjadi potensi di Gadungsari, pelatihan budidaya tanaman hias di Madusari, pelatihan pemanfaatan lahan pekarangan di Pandansari dan lain sebagainya. Bahkan di kompleks balai Kalurahan ada sepetak lahan yang digunakan sebagai taman untuk menanam tanaman buah dan sayur. 

"Yang ngopeni ya Ibu-Ibu Kader & PKK, saya yakin kalau tidak dikelola ibu-ibu hasilnya tidak akan rapi dan berkelanjutan seperti sekarang", pungkas Lurah Wonosari, Tumija. 

Komentar atas #WartaDesa. Diculik Bu Newu, Bu Bupati Sanjung PTP Wonosari

Kawitri 27 Agustus 2021 19:15:07 WIB
Terimakasih Support dan Arahannya ibu ketua TP PKK Kabupaten Gunungkidul dan ibu Ketua TP PKK Kapanewon Wonosari untuk TP PKK Kalurahan Wonosari untuk siap siaga dalam segala situasi.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage