Berkenalan dengan si Srikandi Mandiri : dari Sampah jadi Berkah

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 11 Agustus 2021 11:31:31 WIB

Wonosari-SIDA. Trio TNT (Tisan-Nyoto-Tini) biasa kami menyebut mereka. Dengan tidak mengesampingkan pengurus yang lain, tiga orang punggawa itu adalah tulang punggung Bank Sampah Mandiri di Padukuhan Tawarsari, Kalurahan Wonosari.

Bank Sampah Srikandi Mandiri Tawarsari terhitung belum lama berdiri, baru sekitar pertengahan tahun 2019 dibentuk, masih seumur jagung namun kini menjadi salah satu kelompok swadaya masyarakat yang paling aktif di Kalurahan Wonosari. Bank Sampah Srikandi mandiri lahir dari kesadaran warga RT 06 Padukuhan Tawarsari yang prihatin atas kondisi limbah dan sampah rumah tangga yang kian hari makin meresahkan. Diawaki oleh trio TNT, keiinginan warga kemudian dikoordinasikan dengan Pemerintah Kalurahan Wonosari dan disampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup. Singkat cerita, kemudian terbentuklah Bank Sampah Srikandi Mandiri.

Srikandri Mandiri pada awalnya berjalan dengan keterbatasan personil, peralatan dan ilmu. Berbekal tekad yang kuat, yang pada awalnya jangkauan layanan nasabahnya hanya terbatas di wilayah RT dan Padukuhan kemudian berkembang memilki ratusan anggota. Puncaknya ketiga kegiatan Bank Sampah Srikandi Mandiri mendapat dukungan dari Yayasan Al Muqorobbin yang juga lembaga swadaya masyarakat di Tawarsari. Diberikan kesempatan untuk mengikuti ekspo pada acara Yayasan di Gedung Kantor BMT Ummat pada bulan Ramadhan tahun 2021 ini menarik minat dari pengunjung dan anggota Yayasan yang lain.

Hingga kini muncul program unggulan dari Bank Sampah Mandiri yakni Tabungan Sampah & Sedekah Sampah. Tabungan sampah adalah hasil dari pengolahan sampah nasabah yang pada saatnya nanti akan dikembalikan kepada nasabah sedangkan sedekah sampah adalah sebagian hasil pengolahan sampah disedekahkan melalui Yayasan Al Muqorrobin untuk disalurkan kepada yang berhak.

Saat ini pengambilan sampah dilayani setiap 2 Minggu sekali, pada hari Sabtu mulai pukul 12.00 - 17.00 WIB  dan pada hari Minggu pukul 08.00 - 11.00 WIB atau bisa langsung dikirim mandiri oleh nasabah ke Bank Sampah Srikandi Mandiri setiap hari. 

Perkembangan Bank Sampah Srikandi Mandiri yang maju seperti saat ini, sedikit banyak mampu menyelesaikan masalah sampah dan limbah rumah tangga di wilayah Kalurahan Wonosari. Direncanakan pada tahun 2022 mendatang akan diusulkan dikembangkan menajadi Tempat Pengolahan Sampah - Reduce-Reuse-Recycle (TPS-3R) melalui usulan DAK Kementerian PUPR. Mohon dukungannya sedulur.

Komentar atas Berkenalan dengan si Srikandi Mandiri : dari Sampah jadi Berkah

Tisan 11 Agustus 2021 11:43:31 WIB
Maturnuwun dukungan dan bimbingan dari Kalurahan Wonosari.. Kami akan terus berjuang dan mengabdi menjadi pelayan masyarakat semampu kami... ????

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage

WhatsApp Wonosari

Klik Disini Untuk WA Admin Wonosari