Persiapan Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya

17 Oktober 2017 10:29:11 WIB

Desa Wonosari sebagai Rintisan Desa Budaya akan menyelenggarakan Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya pada Jum'at, 27 Oktober 2017. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk acara yang wajib dilaksanakan oleh desa yang berpredikat sebagai Rintinsan Desa Budaya yang juga merupakan bentuk evaluasi dari Dinas Kebudayaan sebagai laporan kepada Pemerintah DIY dalam Program Desa Budaya.

Setelah mendapatkan jadwal resmi pelaksanaan Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Pemerintah Desa Wonosari bersama dengan Tim Pengelola Rintisan Desa Budaya menyelenggarakan musyawarah persiapan. Musyawarah dilaksakan pada Jum'at, 13 Oktober 2017 di Pendopo Balai Desa Wonosari. Acara ini dihadiri oleh Ketua Dewan Budaya Kabupaten Gunungkidul, CB Supriyatna, Pendamping Budaya Desa Wonosari, Pemerintah Desa, Tim Pengelola Rintinsan Desa Budaya dan warga masyarakat pelaku & pemerhati seni budaya Desa Wonosari.

Seperti disampaikan oleh Ketua Dewan Budaya, bahwa dalam pelaksanaan Gelar Potensi Rintinsan Desa Budaya ini harus menampilkan 5 aspek, yaitu :
1. Adat & Tradisi
2. Kesenian an Permainan Tradisional
3. Bahasa, Sastra & Aksara
4. Kuliner & Pengobatan Tradisional
5. Tata Ruang, Bangunan & Warisan Budaya

Dalam rencana gelar potensi rintisan desa budaya nanti, Desa Wonosari akan menampilkan satu rangakaian pertunjukan spektakuler berupa fragment cerita rakyat "Popok Beruk Keli" yang dipadu padankan dengan upacara adat "Mitoni" serta kombinasi lain yang memuat 5 aspek tersebut diatas.

Penasaran akan penampilannya? SAKSIKAN GELAR POTENSI RINTISAN DESA BUDAYA - DESA WONOSARI, JUM'AT 27 OKTOBER 2017 DI BALAI DESA WONOSARI!!

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage