Penghargaan Bagi Pelestari dan Penggiat Budaya

17 Oktober 2017 18:27:18 WIB

Bertempat di Bangsal Sewokoprojo, Purbosari, Wonosari, Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul telah menyelenggarakan malam penghargaan bagi pelestari dan penggiat budaya di Kabupaten Gunungkidul, Sabtu 14 Oktober 2017 malam.  Penghargaan ini adalah salah satu bentuk apresiasi pemerintah kepada masyarakat Gunungkidul yang secara sadar dan konsisten melestarikan seni budaya daerah. Turut diundang pada kesempatan ini Kepala-Kepala Desa di Kabupaten Gunungkidul, termasuk dari Desa Wonosari yang hadir adalah Sekretaris Desa Wonosari, untuk menyaksikan malam penghargaan tersebut.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul dengan membacakan laporan kegiatan. Dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni, mulai dari Karawiran sampai dengan tari-tari persembahan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, menambah semarak acara pada malam itu. Pada puncak acara dibacakan para penerima penghargaan dan penghargaan langsung diberikan oleh Wakil Bupati Gunungkidul.

Adapun yang mendapat penghargaa, antara lain adalah :
1. SUGIRAN - Pelestari dan Penggiat Seni Pedalangan berasal dari Pacarejo Semanu
2. SURANTO (TUKIRAN) - Pelestari dan Penggiat Seni Karawitan berasal dari Semin
3. YESTRIONO PILIYANTO - Pelestari dan Penggiat Seni Tari Tradisional berasal dari Panggang
4. YOHANES  RAMELAN BUDI PRAYITNO - Pelestari dan Penggiat Seni Kethoprak berasal dari Jelok, Semanu
5. PAWIRO SENTONO - Pelestari dan Penggiat Warisan Budaya/Cagar Budaya berasal dari Ngloro, Paliyan

Menurut Buku Profil Penerima Penghargaan Bagi Pelestari Budaya dan Penggiat Budaya yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, para penerima penghargaan tersebut disamping memiliki dedikasi yang luar biasa dibidang seni dan budaya, juga memiliki segudang prestasi yang membanggakan dan membawa nama harum Kabupaten Gunungkidul. Semoga kita sebegai penerus dapat mencontoh dan meneruskan prestasi dari tokoh tokoh budaya tersebut. Karena budaya adalah jatidiri bangsa yang harus selalu kita jaga.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage