Hadapi Ujian, Calon Kaur Keuangan dapatkan Pembekalan

23 Oktober 2017 11:36:21 WIB

Serangkaian kegiatan pengisian perangkat desa wonosari jabatan Kepala Urusan Keuangan telah sampai pada tahap pembekalan. Sebanyak 14 Calon Perangkat Desa yang sudah lolos seleksi & penelitian adminstrasi berkas pendaftaran hadir di Balai Desa Wonosari, Senin 23 Oktober 2017 pagi untuk mendapatkan pembekalan. 

Acara pembekalan ini dihadiri oleh Camat Wonosari beserta Kepala Seksi Pemerintahan, Ketua BPD Wonosari, Tim Penjaringan dan Penyaringan serta Tim Penguji, bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada calon sebelum mengikuti Ujian Seleksi pada Rabu, 25 Oktober 2017 mendatang. 

Dalam laporannya, Ketua Tim Penjaringan & Penyaringan, Drs. Wisnutoyo menyampaikan bahwa rangkaian proses dan tahapan dalam pengisian Kepala Urusan Keuangan yang dimulai sejak akhir September 2017 yang lalu telah dilaksakan dengan tertib dan lancar. Sampai dengan selesai proses penyaringan telah didapatkan 14 orang calon Kepala Urusan Keuangan yang berhak mengikuti proses seleksi/ujian selanjutnya. Dilihat dari statistik calon, dari segi jenis kelamin : 6 calon putra dan 8 calon putri. Dilihat dari segi pendidikan, 6 calon berpendidikan SMA/Sederajat dan 8 calon berpendidikan S1. 

Pada sambutannya, Kepala Desa Wonosari juga menyampaikan bahwa proses pengisian kepala urusan keuangan ini adalah menindaklanjuti purna tugas-nya Kepala Urusan Keuangan Desa Wonosari yang lalu, Bp. Wiyadi per tanggal 10 Oktober 2017. Kepala Desa juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dengan transparan dan telah sesuai dengan regulasi yang berlaku, sehingga diyakini pelaksanaan ini dapat memperolah calon yang benar-benar berkompeten. Karena jabatan Kepala Urusan Keuangan ini adalah salah satu jabatan yang pokok dan strategis yang mengelola keuangan desa, sehingga membutuhkan personil yang benar-benar kompeten. 

Lebih lanjut, Bapak Camat Wonosari juga memberikan arahan bahwa pelaksanaan kegiatan pengisian perangkat ini merupakan proses alami yang harus segera dilaksanakan pada saat dibutuhan, tidak boleh ada kekosongan jabatan untuk kelancaran penyelenggaraan pemerintahan. Beliau juga berpesan kepada calon untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, dan “siap kalah”, karena hanya 1 yang terbaik yang berhak menjadi Kepala Urusan Keuangan. 

Pada kesempatan selanjutnya, Ketua Tim Penguji juga memberikan penjelasan tentang pelaksanaan seleksi/ujian. Ujian dilaksanakan pada Rabu, 25 Oktober 2017 bertempat di SMKN 1 Wonosari mulai pukul 08.00 WIB. Ujian dibagi menjadi 2, yaitu Ujian Tulis, dan Ujan Praktek. Ujian Tulis untuk mengetahui pemahaman tentang tata kelola pemerintahan desa dan tugas pokok fungsi Kepala Urusan Keuangan. Ujian Praktek untuk mengetahui ketrampilan calon dalam mengoperasikan komputer sebagai ketrampilan yang harus dimiliki dalam pelaksanaan ketugasan Kepala Urusan Keuangan, mengingat bahwa di zaman sekarang semua pengelolaan sudah berbasis teknologi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage