Tolak Vakum, Kader Madusari Lakukan Yandu Keliling

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 11 Agustus 2021 10:22:08 WIB

Wonosari-SIDA. Selasa (10/08) siang, beberapa ibu-ibu berseragam merah nampak berkumpul di nDalem Widiatmajan. Di rumah yang tampak estetik dan asri itu, mereka tidak melakukan senam kesegaran jasmani atau mengikuti demo promo alat masak, melainkan mereka adalah kader Pusat Pelayanan Terpadu (Posyandu) Balita Padukuhan Madusari yang siap melakukan kegiatan Yandu keliling.

Kegiatan Posyandu yang sedianya rutin dilaksanakan setiap tanggal 12, sudah dua bulan urung dilakukan akibat dampak kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Praktis sudah selama 2 bulan terkahir tidak ada kegiatan penimbangan, pemberian vitamin dan pemantauan kondisi Balita di wilayah Padukuhan Madusari.

Bertekad agar tidak vakum, dan Yandu wajib dilaksanakan sebagai salah satu instrumen dalam penanggulanan stunting, Kader Posyandu Balita berinisiatif melakukan kegiatan Posyandu secara door to door. Menggandeng Satgas penanggulangan Covid-19 Padukuhan Madusari didampingi Pak Dukuh sowan ke masing-masing rumah Balita di Padukuhan Madusari.

"Ini Inisiatif yang bagus dari Kader yang disengkuyung oleh temen-temen satgas, karena kalau kita laksanakan secara konvensional khawatir menimbulkan kerumuman di tempat penimbangan, apalagi yang kita layani adalah balita dengan faktor resiko yang tinggi, toh sekaligus kita lakukan edukasi kepada masyarakat terkait 5M", - ujar Saptadi Noviyanto, Dukuh Madusari.

Lebih kurang 50-an Balita terlayani dengan kegiatan Yandu Keliling ini. Disamping dilakukan penimbangan, ukur tinggi dan lingkar kepala, dilakukan pula pemberian vitamin A serta PMT Balita.

"Saya kira hal ini bagus dilakukan ya, Posyandu biasanya terkendala di kehadiran si Balita, mengingat kesibukan orang tuanya, mereka sering tidak tindak Yandu. Matur nuwun kepada kader yang sudah melakukan kegiatan Yandu ini, dengan door-to-door saya kira yang jangkauan layanannya akan lebih luas", ujar Ubaidilah AT, Carik Wonosari.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage