Rapat Operasional & Monitoring Unit IBM Kalurahan Wonosari

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 11 Agustus 2021 10:43:43 WIB

Wonosari-SIDA. Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (BNNP-DIY) laksanakan Rapat Operasional & Monitoring Unit Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) Kalurahan Wonosari, Selasa (10/8/2021) di ruang rapat Balai Kalurahan Wonosari.

Kegiatan ini merupakan tidak lanjut dari program IBM yang sudah dicanangkan oleh BNNP DIY kepada Pemerintah Kalurahan Wonosari. Sebagaimana sudah diketahu bahwa Pemerintah Kalurahan Wonosari sudah ditetapkan menjadi Desa Bersih Narkoba (Bersinar) oleh BNNP DIY pada November tahun 2020 yang lalu. Setelah ditetapkan menjadi Desa Bersinar, berbagai program dan kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dari BNNP menyasar langsung ke Pemerintah Kalurahan Wonosari.

Unit Intervensi Berbasis Masyarakat adalah merupakan Agen Pemulihan yang dibentuk oleh Pemerintah Kalurahan Wonosari dibawah koordiasi Bidang Rehabilitasi BNNP DIY. Agen pemulihan memiliki tigas pokok dan fungsi yakni memberikan pendampingan kepada para pencandu yang sedang atau yang akan menjalani pemulihan, memberikan penyuluhan adiksi dan dampak adiksi kepada pecandu lain, menjadi perpanjangan tangan dari pihak BNN dalam hal pelaksanaan P4GN. 

Agen pemulihan (recovery crew) ini juga membantu petugas adiksi dalam program layanan rehabilitasi, membantu petugas rehabilitasi dalam mengawasi penggunaan obat bagi peserta rehab medis, memberikan promosi kesehatan dan memberikan informasi terkait peredaran narkotika

Setelah mendapatkan pembekalan pada bulan Juni yang lalu, Dengan kegiatan Rapat Operasional dan Monitoring IBM, agen Pemulihan Wonosari diharapkan segera menyusun rencana aksi yang akan dilaksanakan di wiayah Kalurahan Wonosari dalam hal Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika serta menemu kenali pengguna narkoba untuk dilakukan pendampingan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage