Muskal RKP Sepakati 5 Prioritas Program Tahun 2022

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 16 Agustus 2021 19:31:36 WIB

Wonosari-SIDA. Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) Wonosari selenggarakan Musyawarah Kalurahan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (Muskal RKP-Kal) Wonosari Tahun 2022 di Aula Balai Kalurahan Wonosari Senin, 16 Agustus 2021. Muskal RKP-Kal ini merupakan salah satu rangkaian proses penyusunan program kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Kalurahan Wonosari untuk 1 (satu) tahun ke depan yakni untuk tahun 2022.

Hadir dalam acara ini : Lurah, Pamong Kalurahan, Bamuskal, Perwakilan Lembaga Kalurahan, Perwakilan Kelompok Masyarakat, Pendamping Pemberdayaan dan Pendamping Lokal Desa serta Panewu Anom sebagai perwaklian dari Pemerintah Kapanewon Wonosari. Muskal RKP-Kal Wonosari Tahun 2022 sukses diselenggaran dalam waktu kurang dari 2 (dua) jam. Meskipun diselenggarakan dalam waktu relatif singkat, substansi muskal dapat dipenuhi , sehingga menghasilkan kesepakatan yang paripurna.

Lurah Wonosari, Tumija, dalam paparannya menyampaikan bahwa penyusunan RKP-Kal Wonosari Tahun 2022 merupakan pencermatan program dan kegiatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kalurahan (RPJM-Kal) Wonosari Tahun 2020 - 2025 tahun ke-2 yang kemudian diselaraskan dengan arah kebijakan program pembangunan mulai dari Pemerintah pusat sampai dengan tingkat Pemerintah Daerah. Muskal RKP-Kal ini juga merupakan upaya menjaring usulan program dari bawah/ bottom-up sehingga perencanaan program di tahun 2022 dapat efektif dan efisien

“Penyusunan RKP-Kal Wonosari Tahun 2022 masih memperhatikan Pandemi Covid-19 yang kemungkinan masih berdampak di tahun mendatang, meskipun harapan kita semua Pandemi ini segera berakhir mengingat memasuki bulan Agustus tahun 2021 ini tren-nya semakin melandai”, buka Tumija, Lurah Wonosari.

Penyusunan RKP-Kalurahan Wonosari Tahun 2022 mendasar kepada SE Bupati Gunungkidul Nomor  050/2855 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan RKP Kalurahan Tahun 2022. Proses penyusunan diawali dengan Muskal RKP-Kalurahan yang kita laksanakan hari ini, dilanjutkan penyusunan Rancangan RKP-Kalurahan oleh Tim Penyusun kemudian pada saatnya nanti disepakati dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kalurahan (Musrenbangkal).

Muskal RKP-Kal Wonosari berhasil menyepakati prioritas program yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kalurahan Wonosari di Tahun 2022, yakni:

  1. Penanganan dampak Pandemi Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi
  2. Fasilitasi dan dorongan menuju Kalurahan Budaya
  3. Fasilitasi Kalurahan Wonosari sebagai Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) dan Program Pusaka Sakinah
  4. Fasilitasi konvergensi pencegahan & penanganan stunting
  5. Pengembangan Wonosari menuju Smart Village

 

Muskal RKP-Kal juga menyepakati Tm Penyusun RKP-Kal Wonosari Tahun 2022, yakni:

  1. Penanggung Jawab : Tumija (Lurah Wonosari)
  2. Ketua : Ubaidilah A.T. (Carik Wonosari)
  3. Sekretaris : Saryanto,ST (LPMKal Wonosari)
  4. Anggota : Ruswanto (Kamituwa Wonosari)
  5. Anggota : Rohmanto (Ulu-Ulu Wonosari)
  6. Anggota : Sa’ban Nurhuda (Pangripta Wonosari
  7. Anggota : M. Darban Arief (Tokoh Masyarakat)
  8. Anggota : FX. Iriantono (Ketua RW)
  9. Anggota : Widiyati (Unsur Perempuan)

 

 

Dokumen Lampiran : Muskal RKP Sepakati 5 Prioritas Program Tahun 2022


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage