Gardapuri - Makin Eksis Tolak Terkikis

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 16 Agustus 2021 20:06:23 WIB

Wonosari-SIDA. Gardapuri, sebuah komunitas warga Padukuhan Purbosari Kalurahan Wonosari , anak-anak muda yang kreatif-inovatif, yang kini makin eksis menggali potensi wilayah. Tidak ada yang tahu persis kapan komunitas ini muncul, namun yang perlu kita ketahui bersama bahwa dengan adanya Gardapuri, keguyuban warga khususnya di lingkungan Padukuhan Purbosari, Kalurahan Wonosari semakin terjaga. Sudah banyak warga yang terbantu oleh Gardapuri.

Menurut Dukuh Purbosari, Dharda Swastari Zarokh, S.Sos. Komunitas ini pada awalnya adalah sekelompok warga yang membantu kegiatan-kegiatan sosial warga, mulai dari hajatan, layatan dan sebagainya. "Mirip Jaga Warga, Jaga Tetangga, gitu kurang lebihnya", ujar bu Dukuh.

Puncaknya ketika Padukuhan Purbososari ditetapkan sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas oleh Dirlantas Polda DIY, komunitas ini bahu-membahu menyukeskan denga pelbagai cara. Dengan semangat dan kreativitasnya, beberapa ruang kosong di Padukuhan Purbosari disulap menjadi media seni yang berisi pesan-pesan positif. Di masa Pandemi ini, Gardapuri juga membantu penanganan dampak Covid-19 di Padukuhan Purbosari, mulai dari sosialisai, edukasi, mobilisasi dan dukungan terhadap warga yang sedang isolasi mandiri.

"saya kira cukup unik ya, Padukuhan Purbosari itu kawasan kantor pemerintah dan kawasan pertokoan, warganya banyak yang berprofesi sebagai pejabat pemerintah, namun guyubnya itu lho luar biasa, tidak mudah mempertahankan ditengah arus globalisasi dan kondisi sosial masyarakat perkotaan yang individualistik, salut untuk Gardapuri", ujar Ubaidilah AT, Carik Wonosari

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage