Setahun Lagi, Desa Wonosari Mandiri Pangan

31 Oktober 2017 13:35:32 WIB

"Satu tahun lagi, Desa Wonosari Mandiri Pangan", hal ini disampaikan oleh Pokja Ahli Dewan Keamanan Pangan DIY : Dr. Siti Syamsiar, dalam tanggapannya pada acara Monitoring & Evaluasi Program Penanggulangan  Kemiskinan dan Rawan Pangan Terpadu, Selasa 31 Oktober 2017 siang di Ruang Rapat Dinas Pertanian & Tanaman Pangan Kabupaten Gunungkidul. Komentar ini menanggapi paparan dari Desa Wonosari yang disampaikan oleh Sekretaris Desa Wonosari tentang program yang sudah dilaksankan oleh desa, kendala serta potensi penanggulangan kemiskinan dan rawan pangan di Desa Wonosari.

Agak mengherankan memang, Desa Wonosari masuk kedalam kategori Desa Rawan Pangan mengingat posisi dan potensi yang dimiliki. Kriteria Rawan Pangan sendiri dilihat dari 3 aspek, yakni : Kemiskinan, Kesehatan dan Ketersediaan Pangan. Angka kemiskinan warga Desa Wonosai termasuk kecil, hanya sekitar 7,5%, Kesehatan warga cukup baik dengan dukungan anggaran dari APBDes sebesar lebih dari 15%, termasuk dekat dengan pusat-pusat kesehatan. 

Yang menjadikan Desa Wonosari masuk menjadi kategori Desa Rawan Pangan adalah aspek Ketersediaan Pangan, luas lahan pertanian tidak sebanding dengan jumlah penduduk. Hal ini wajar karena Desa Wonosari adalah ibukota dan menjadi pusat kota di Kabupaten Gunungkidul. Luasan lahan yang hanya 30% dari total luas Desa Wonosari tentu tidak akan sebanding dengan jumlah warga, apalagi semakin hari, potensi alih fungsi lahan dari lahan pertanian menjadi lahan pemukiman semakin besar. 

Kontradiksi dari luas lahan tanaman pangan yang sedikut, tetapi daya beli masyarakat termasuk tinggi. Warga mempu menyerdiakan pangan untuknya sendiri setiap hari tanpa kesulitan yang berarti. Hal ini membuat keyakinan bahwa tidak lama lagi Desa Wonosari akan menjadi Desa Mandiri pangan, apalagi dengan ditambah dukungan dari semua pihak terkait. Pemerintah Desa dengan program-program, masyarakat denga pemberdayaan, dinas instansi terkait juga saling bersiniergi sehingga seluruh potensi di Desa Wonosari dapat digali dan mendatangkan manfaat untu seluruh warga.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage