#WartaDesa. Perkuat Pemantauan, Satgas Kalurahan "Dipinjami" Alat Kesehatan

Info Wonosari 28 Agustus 2021 18:17:22 WIB

Wonosari-SIDA. Satgas Penanganan Covid Kalurahan menerima pinjaman alat kesehatan dari Puskesmas Wonosari 2. Penyerahan pinjaman alat kesehatan dilakukan pada acara rapat koordinasi antara Puskesmas Wonosari 2, Satgas Kapanewon Wonosari, Tim Penebalan Nakes & Mitigasi Hulu Puskesmas Wonosari 2 dan Perwakilan dari Satgas Kalurahan di 7 Kalurahan zona utara wilayah pelayanan Puskesmas Wonosari 2 pada Sabtu, 28 Agustus 2021 di Aula Puskesmas Wonosari.

Berdasarkan laporan dari perwakilan Satgas Kalurahan Wonosari, Mbah Kaum Yono Raharjo menyampaikan bahwa peralatan yang dipinjamkan antara lain adalah: Alat Pengukur Tekanan Darah, Alat Pengukur Kadar Oksigen dalam Darah (Oksimeter), hand scoon dan masker.

"gak boleh hilang Pak, kalau rusak tolong diperbaiki mandiri", lapor Mbah Kaum.

Dalam pertemuan ini juga dilaksanakan koordinasi tentang penggunaan alat kesehatan dan pemantauan pasien isolasi mandiri, sekaligus perkenalan dengan Satgas Penebalan & Mitigasi Hulu. Satgas ini bertugas melakukan pemantauan pasien isolasi mandiri yang berada di wilayah Puskesmas Wonosari 2. Satgas inilah yang nantinya akan banyak bekerja bersama dengan Satgas Kalurahan untuk mendukung pasien isolasi mandiri sesuai dengan Standar Operational Procedure (SOP) yang tepat, diantaranya memastikan bahwa rumah yang digunakan pasien isolasi mandiri harus steril, memiliki ruang istirahat, kamar mandi, alat makan & MCK yang terpisah.

Bagi rumah yang tidak sesuai dengan SOP, maka satgas ini akan merekomendasikan pasien yang melakukan isolasi mandiri untuk melakukan isolasi di shelter yang tersedia di wilayah kerjanya.

"Jika berkenan kami boleh meminta tolong bapak untuk membantu mengajak pasien agar berkenan ke shelter wanagama agar nantinya kondisi beliau bisa terpantau maksimal dan keluarga lain yang dirumah tersebut juga aman" ujar dr. Radyan, salah satu anggota Satgas Penebalan & Mitigasi Hulu Puskesmas Wonosari 2.

"Alhamdulillah lumayan dapat tambahan alat kesehatan, semoga ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas Satgas Kalurahan & Pusat Layanan Kesehatan yang lain dalam penanganan dan penganggulangan Covid-19", ungkap Carik Wonosari ketika ditemui terpisah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage