#WartaDesa. Tingkatkan Pembangunan Keluarga, Ibu Penyuluh Selenggarakan BKB-HI di Jeruksari

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 09 September 2021 12:50:12 WIB

Wonosari, 9 September 2021 (SIDA-SAMEKTA). Selepas vakum beberapa bulan akibat kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), warga di Padukuhan Jeruksari, Kalurahan Wonosari dapatkan program Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (BKB-HI) pada Rabu, 8 September 2021 pagi di Gedung PAUD Handayani V, Jeruksari. Dalam kegiatan ini hadir sebanyak 24 pasang sasaran balita beserta orang tuanya dan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Arah kebijakan BKKBN yang tertuang dalam Renstra BKKBN salah satunya adalah kebijakan peningkatan pembangunan keluarga tentang pemahaman orang tua mengenai pentingnya keluarga dalam pengasuhan tumbuh kembang balita dan anak. Upaya yang dilakukan salah satunya melalui layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) yang meliputi aspek kesehatan, gizi, pengasuhan dan perlindungan.

Materi yg disampaikan Menjadi Orang Tua Hebat dengan nara sumber Penyuluh KB Kapanewon wonosari, Ibu Dra. Umi Wasriyati, MM.
Bagaimana menjadi orangtua hebat:
1. Bersiap-siap menjadi orangtua
2. Memahami Peran orangtua
3. Memahami Konsep Diri orangtua
4. Melibatkan peran ayah.

Dalam daur hidup manusia, pareode usia anak di bawah lima tahun (balita) merupakan pareode paling krisis dalam menentukan kualitas hidupnya di masa yang akan datang. Pengajaran dan pendidikan yang diberikan pada awal kehidupan ini menjadi modal dasar bagi kebahagiaan dan kesuksesan dimasa dewasanya. Mendidik anak dimasa sekarang di mana teknologi informasi berkembang dengan pesat (era layar) membutuhkan keterampilan mengasuh yg memadai dan konsepdiri yang positif agar mampu berkomunikasi dan menerapkan disiplin dengan kasih sayang.

Ada beberapa konsep pengasuhan Balita, antara lain:
Dengan pengasuhan yang baik akan menghasilkan anak dengan kepribadian baik, yaitu menjadi orang yg cerdas, percaya diri, berkarakter baik, bertanggung jawab, mampu menghadapi tantangan dalam kehidupannya kelak. Pengasuhan penuh kasih sayang merupakan hak setiap anak yg harus dipenuhi oleh orang tua. Pengasuhan berkualitas, mencakup pemenuhan gizi balita dan stimulasi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage