Pagi-pagi, Bu Fitri Sidak Kali Besole

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 19 Juli 2022 13:57:55 WIB

Wonosari-SIDA. Tim Monitoring & Evaluasi Kelompok Pemerhati Kali Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul meninjau Kelompok Pemerhati Kali Sunan Kalijaga pada Selasa, 19 Juli 2022 pagi di Gadungsari, Wonosari. Kehadiran tim yang dipimpin oleh Sub Koordinator Pengendalian Pencemaran, Bidang Bidang Pengendalian Pencemaran dan Pengembangan Kapasitas : Ibu Fitri Iswinayu,ST.M.Sc. ini untuk melaksanakan program monitoring 13 kelompok pemerhati kali/ prokasih yang tersebar di Kapanewon Playen dan Kapanewon Wonosari.

"Maksud kedatangan kami beserta tim, menindak lanjuti surat dari Kepala DLH yang dikirim beberapa waktu yang lalu terkait evaluasi kelompok pemerhati kali", ujar Ibu Fitri saat diterima oleh Carik Wonosari di Kantor Lurah Wonosari selasa (19/07/2022) pagi.

Ada 2 aspek yang menjadi obyek evaluasi, yakni administrasi kelompok pemerhati kali yang meliputi : SK pembentukan, program kerja, buku kegiatan, buku tamu serta aspek keberlangsungan kegiatan kelompok.

"Pasca pandemi Covid-19, kami memaklumi kalau banyak kelompok yang vakum kegiatannya, sehingga administrasi kelompok mungkin agak dikesampingkan, namun bersyukurnya kondisi dan keadaan kali Besole yang kami pantau pagi baik kebersihan maupun kelestarinnya ini cukup baik", ujar anggota Tim : Ibu Isnny Agritasari Staff Bidang Pengendalian Pencemaran & Pengembangan Kapasitas dan Ibu Jumirah Praktisi Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Gunungkidul.

"Kami harap Pemerintah Kalurahan bersama Kelompok Pemerhati Kali juga tetap terus memperhatikan kebersihan sehinga kelestarian lingkungan dapat terus terjaga", pungkas Ibu Fitri.

Pemerintah Kalurahan Wonosari berkomitmen untuk memberikan perhatian terhadap lingkungan hidup & kebersihan lingkungan khususnya di sepanjang Bantaran Kali Besole yang berada di wilayah Kalurahan Wonosari.

Prestasi dan pengalaman dari Kelompok Prokasih Sunan Kalijaga yang sejak tahun 2007 sudah terbentuk dan berkembang serta berhasil menata bantaran kali Besole di wilayah Padukuhan Gadungsari menginspirasi Pemberintah Kalurahan untuk memberdayakan warga di wilayah bantaran kali Besole untuk mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh Prokasih Sunan Kalijaga.

Dengan komitmen dan sinergitas yang terbangun antara Pemerintah Kalurahan dan warga Padukuhan Ringinsari, Alhamdulillah pada tahun 2018 terbentuk Kelompok Pemerhati “Jaladara” Padukuhan Ringinsari,  timpal Carik Wonosari, Ubaidilah A.T.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage