Kepesertaan Naik, Program KB di Wonosari dinilai Berhasil

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 19 Februari 2024 20:21:40 WIB

Wonosari-SIDA. Kepesertaan program Keluarga Berencana (KB) warga Kalurahan Wonosari di bulan Januari tahun 2024 naik 1,53% menjadi 76,53% dibandingkan bulan Desember tahun 2023. Dari total 997 Pasangan Usia Subur (PUS) di Kalurahan Wonosari sudah 763 PUS yang mengikuti program KB. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Penyuluh KB Kapanewon Wonosari, Dra. Umi Wasriyati, MM  di tengah menyampaikan materi pembinaan pada pertemuan rutin Kader KB se-Kalurahan Wonosari pada Senin (19/02/2024) siang di Balai Padukuhan Tawarsari.

"Peserta MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) tertinggi dari Padukuhan Madusari sebesar 88,67%, dari angka ini dapat dinilai kalau program KB di Wonosari dinilai Berhasil", ungkap Umi Wasriyati

Lebih lanjut, Umi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh kader yang telah bekerja menyukseskan program KB. Bersama dengan stakeholder lain seperti Puskesmas, sosialisasi program berjalan lancar, informasi kepada masyarakat sampai dan pemahaman serta kesadaran warga untuk mengikuti program kian naik.

Sebagaimana diketahui  Pengertian KB (keluarga berencana) menurut UU No. 10 tahun 1992 (tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera), adalah upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. 

KB merupakan program pemerintah yang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk.  Perlu kamu ketahui, Gerakan Keluarga Berencana Nasional Indonesia telah dianggap masyarakat dunia sebagai program yang berhasil menurunkan angka kelahiran yang bermakna.

Disamping menjalankan fungsi pengendalian penduduk, kader Wonosari juga secara aktif terlibat dalam kegiatan percepatan penurunan stunting, hingga berita ini diterbitkan, tercatat angka pravelensi stunting di Wonosari 3,09%, jauh dibawah target nasional sebesar 14%.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage