Deputi Bidang Pengendalian Penduduk : Data Adalah Kekayaan Bangsa

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 29 Februari 2024 11:48:17 WIB

Wonosari-SIDA. Kamituwa Kalurahan Wonosari, Bapak Ruswanto membersamai Perwakilan Pengelola Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKu) Kalurahan Wonosari, Ibu Sri Rahayu mengikuti Orientasi Pengelola Rumah DataKu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Hotel Sahid Raya Hotel & Convention, Babarsari Sleman pada Kamis (29/02/2024). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengelola Rumah DataKu dalam menyediakan data yang dapat dimanfaatan untuk pembangunan desa. Orientasi yang dilaksanakan selama dua hari tersebut diikuti oleh Perwakilan Penyuluh KB , Perwakilan dari Dinas terkait, serta perwaklian dari pengelola Rumah DataKu Kampung KB se-Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya ketika membuka secara resmi acara orientasi Kepala Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN, Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S.Si., M.Eng menyampaikan bahwa sekarang Data merupakan jenis kekayaan baru bangsa.

"Saking pentingnya Data, bahkan bisa dikatakan bahwa Data sekarang sama pentingnya dengan minyak atau bahan komoditas lain yang merupakan jenis kekayaan bangsa Indonesia, oleh karenanya perlu dikelola dengan baik untuk kepentingan pembangunan bangsa Indonesia", ungkap Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiarto, S.Si., M.Eng.

Orientasi pengelola Rumah DataKu DIY akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 29 Februari 2024 sampai dengan 1 Maret 2024 dan diisi dengan materi kebijakan dari dinas dan sinkronisasi data PK dengan data di Rumah DataKu, Saran Kebijakan dan perkembangan aplikasi Rumah DataKu dan akan ditutup dengan praktek penggunaan aplikasi Rumah DataKu.

Pengelola Rumah DataKU Kampung Keluarga Berkualitas Kalurahan Wonosari sendiri sudah dibentuk dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Lurah Wonosari Nomor: 42/KPTS/2023. Merupakan kelompok kegiatan (poktan) masyarakat yang terdiri atas perwakilan berbagai unsur di Kalurahan serta bertugas untuk melaksanakan kegiatan pengumpulan, verifikasi, analisis, penyajian serta pemanfaatannya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage