Perda Ditetapkan, 13 Maret Resmi Menjadi Hari Jadi DIY

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 21 Maret 2024 09:52:45 WIB

Wonosari-SIDA. Pemerintah Kalurahan Wonosari laksanakan Tirakatan dalam rangka peringatan Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta Ke-269 Tahun 2024 di Aula Kantor Lurah Wonosari pada Selasa (12/03/2024) malam. Kegiatan tirakatan dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Kalurahan di DIY dengan melakukan live streaming dan teleconference dengan Pemerintah DIY yang melakukan kegiatan yang sama di Kompleks Kepatihan DIY.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono melaporkan terkait rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-269 DIY. Rangkaian peringatan tahun ini telah dimulai dengan acara ziarah ke makam Astana Kotagede, Astana Pajimatan Imogiri dan Astana Girigondo pada 6 Maret 2024 lalu. Selanjutnya dilakukan Malam Tirakatan pada Selasa (12/03) malam dan dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Hari Jadi ke-269 DIY pada Rabu (13/03) pagi.

Membacakan sambutan Gubernur DIY pada Malam Tirakatan Hari Jadi DIY ke-269 di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Sri Paduka mengatakan, rangkaian semangat dalam tema Hari Jadi DIY tahun ini, dapat dimaknai sebagai mencapai kemajuan yang diderivasi melalui inovasi dan keadilan sebagai inti dari transformasi masyarakat. Adapun terkait kesejahteraan, mewujud pada cita-cita untuk mewujudkan ekosistem sosial yang sejahtera.

Tanggal 13 Maret telah resmi dicanangkan sebagai Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta, seiring penetapan Peraturan Daerah DIY Nomor 2 Tahun 2024. Kala Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan guna merefleksikan gambaran tentang sebuah nagari yang makmur, sekaligus juga menjabarkan sebuah model peradaban ideal bagi kesejahteraan manusia dengan merefleksikan keindahan semesta yang dirahmati Allah SWT.

"Malam ini, sama halnya dengan lagu spiritual dengan memusatkan kekuatan batin agar dapat menunaikan cita-cita perjuangan pendiri DIY. Hal ini tentu juga seiring visi yang disabdakan oleh suwargi Sri Sultan Hamengku Buwono I dengan berlandaskan istiqomah dan berkelanjutan memulai aktualisasi makna Hari Jadi ke-269 dalam bingkai tema 'Maju Sejahtera Berkelanjutan Dijiwai Kebudayaan dan Keistimewaan'," papar Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X pada Selasa (12/03) malam.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage