Hore!, Jelang Lebaran BLT Maret-April Kembali Disalurkan

Ubaidilah Aminuddin Thoyieb 04 April 2024 21:19:32 WIB

Wonosari-SIDA. Pemerintah Kalurahan Wonosari kembali salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) periode bulan Maret-April Tahun 2024 pada Selasa (2/4/2024) pagi. BLT-DD kembali disalurkan kepada 30 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berdasarkan data penerima yang ditetapkan dalam Peraturan Lurah Wonosari Nomor 3 Tahun 2024.

BLT-DD atau Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun 2024 adalah program pemerintah desa yang bertujuan untuk membantu keluarga miskin yang terdampak pandemi COVID-19 dan krisis ekonomi global. BLT-DD 2024 masih berjalan dan belum ada evaluasi nasional yang menyeluruh. Meski begitu, program ini diharapkan dapat membantu masyarakat miskin terdampak pandemi. Tetap diperlukan pengawasan dan evaluasi yang berkelanjutan untuk memastikan program berjalan efektif dan tepat sasaran.

Pasca disalurkan untuk tahap pertama periode Januari-Februari yang disalurkan pada 26 Maret 2024 yang lalu, selang 1 minggu kemudian tahap kedua penyaluran untuk bulan Maret dan April kembali disalurkan. Berdasarkan keterangan yang disampaikan Carik Wonosari, Ubaidilah A.T., model penyaluran per 2 bulan ini untuk menyikapi ketentuan implementasi transaksi non-tunai untuk Pemerintah Kalurahan.

"Jadi, mendasar pada SE Sekda Kabupaten Gunungkidul akhir tahun lalu, segala transaksi belanja dan pengeluaran termasuk bantuan sosial yang bisa dicairkan secara tunai maksimal senilai Rp. 750.000,-, Sehingga jika per bulan KPM menerima Rp. 300.000,- hanya bisa disalurkan per 2 bulan (Rp. 600.000,-).", ungkap Ubaidilah.

Kebijakan transaksi non tunai memiliki berbagai tujuan yang bermanfaat bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia. Dengan mendorong penggunaan transaksi non tunai, pemerintah berharap dapat meningkatkan efisiensi ekonomi, memajukan inklusi keuangan, mendukung pertumbuhan ekonomi, mempermudah masyarakat, dan mendorong ekonomi digital.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage