"Dari Desa Untuk Bangsa", Aksi nyata Gunungkidul Youth In Action untuk Pemuda Gunungkidul

14 November 2017 16:27:19 WIB

Gunungkidul Youth In Action (GYIA) bentukan program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PPMD) tahun 2017 benar-benar akan beraksi nyata untuk pemuda di Kabupaten Gunungkidul. Selama bulan November - Desember 2017 berbagai macam kegiatan sudah diagendakan untuk dilaksanakan.  Program yang leading sektornya adalah Kementrian Pemuda dan Olahraga ini menyasar pemuda usia 17 s/d 30 tahun dengan total peserta yang berpartisipasi sebesar 300 di DIY dan Jawa Tengah.

Setelah melalui pembekalan di Salatiga pada 23  September 2017 yang lalu, peserta PPMD ini diamankan untuk membuat program kepemudaan di desa masing-masing. Untuk Kabupaten Gunungkidul sendiri ada sekitar 20 orang PPMD yang siap menyelenggarakan 5 bidang kegiatan kepemudaan, diantaranya :

 

  1. Kepemimpinan
  2. Peningkatan Kapasitas Pemuda
  3. Muatan Lokal
  4. Olahraga
  5. Kesukarelawanan

 

 Setelah dirumuskan oleh GYIA disepakati satu aksi berasama membangun desa dengan tajuk "Menjadi Pemuda Agen Perubahan" dengan rincian kegiatan antara lain :

 

  1. Forum Pemimpin Muda, "Be the Change You Want To See" yang diselenggarakan pada 19 November 2017 di Balai Desa Bandung, Playen
  2. Remaja Melek Budaya, "Bincang Budaya dan Belajar Membatik Bersama" yang diselenggarakan pada 25 November 2017 di Balai Desa Wonosari, Wonosari.
  3. Young Entrepeneur, "Pemuda Mandiri Sejak Dini", yang diselenggarakan pada 2 Desember 2017 di Balai Desa Wunung.
  4. Minggu Pagi Sehat, "Go Sporty" yang diselenggarakan pada 3 Desember 2017 di Balai Desa Kepek. 

 

Untuk Agenda kesukarelawanan baru akan didiskusikan kemudian, gambaran awal adalah membuat project bersama untuk isu sosial di lingkungan masing-masing, misalnya untuk kegiatan kesehatan atau yg lainnya. Targetnya nanti di akhir rangkaian kegiatan terbentuk kader pemuda pelopor untuk menggerakkan kegiatan kepemudaan di desa masing-masing, dan bisa berlanjut di PMMD tahun depan karena program ini akan dilaksanakan tiap tahun. 

Mengundang seluruh pemuda usia 17 s/d 30 tahun di Desa Wonosari dan desa lain untuk berpartisipasi pada kegiatan di atas, biaya gratis dan akan belajar banyak dari narasumber-narasumber yang didatangkan. Menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan. Pokoknya tidak akan rugi untuk gabung di aksi ini.

KREDIT : Wulan Wiyat Wuri (https://www.facebook.com/wulan.wuri / 0857-2627-7787) < sekaligus sebagai nomor kontak person kegiatan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage