Gandeng Karang Taruna, Pemuda Mandiri Membangun Desa Selenggarakan Seminar

19 November 2017 12:47:21 WIB

Dalam rangka melaksanakan Program dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, Kelomkok Kerja Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) Kabupaten Gunungkidul bersama dengan Karang Taruna Padukuhan Purbosari menyelenggarapan Seminar Pemuda Mandiri Membangun Desa. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Minggu (19/11) du Balai Padukuhan Purbosari, Wonosari. Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Sdr. Gempita dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pembekalan bagi PMMD pada September yang lalu, yang mengamanahkan untuk menyelenggarakan kegiatan kepemudaan di Padukuhan masing-masing. Pada kesempatan kali ini akan disampaikan 3 materi, yaitu tentang Peran dan Potensi Pemuda, Pemuda Anti Narkoba dan Pemuda Siaga Bencana.

Lebih dari 30 pemuda hadir dan secara khidmat menyimak paparan materi dari Narasumber. Pada sesi pertama, paparan disampaikan oleh Bp. Djarot (Ketua KONI Gunungkidul), menyampaikan tentang potensi sekaligus tantangan bagi generasi muda masa kini. Pemuda sekarang tidak hanya harus memiliki kompetensi dan keahlian tetapi juga harus mampu berdaya saing, Mengingatdi jaman sekarang, di era global ini, semuanya serba bebas dan terbuka, sehingga harus mampu bersaing dengan rival dari luar negeri. Pemuda juga harus mampu menjaga ideologi dan dasar negara, kesatuan dan persatuan serta selalu memiliki inovasi perkembangan diri.

Pada sesi kedua disampaikan Seminar tentang Bahaya Narkoba dari Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Gunungkidul (Bp. Arkham) menyampaikan tentang cara mengantisipasi narkoba yang dewasa ini bertambah marak. Kita sebagai pemuda harus 'aware' tentang bahaya ini, harus peka karena memang masukknya narkoba ini menyasar kepada semua tanpa pandang bulu dengan caa-cara yang halus dan tidak terlihat. Sebanyak 5,6 juta warga Indonesia sudah terdampak penyalahgunaan narkba sehingga jangan ada lagi yang terkena.

Pada sesi ketiga, disampiaikan tips & trick jika terjadi Bencana, hal ini dimaksudkan agar nanti jika ada bencana, pemuda dapat secara sigap untuk mengantisipasi dan tahu bagaimana penanganannya. Acara ditutup tepat pukul 12.00 WIB. PMMD Kabupaten Gunungkidul selanjutnya masih akan menyelenggarakan banyak kegiatan di Wonosari dan sekitar, diantaranya "Pemuda  Melek Budaya" yang akan diselenggarakan di Balai Desa Wonosari pada tanggal 25 November mendatang.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage