UPK-BKAD Salurkan Dansos 200 Juta

22 November 2017 14:51:03 WIB

Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Wonosari salurkan dana sosial senilai lebih dari 200 juta. Bantuan Dana Sosial ini adalah 15% dari laba bersih UPK dari total laba sekitar 2 Milyar dengan omset lebih dari 9 Milyar. Proses penyaluran Dana Sosial ini dikemas dalam satu kegiatan seremonial yang dilaksanakan pada Rabu (22/11) pagi di Balai Desa Wonosari. Hadir pada kesempatan kali ini Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKB-PMD) Kabupaten Gunungkidul (Sujoko, S.Sos, M.Si), Camat Kecamatan Wonosari (Drs. Siswanto), Kepala Desa se-Kecamatan Wonosari, Pimpinan dan anggota BKAD, Perangkat Desa & Unsur Lembaga Desa Wonosari, serta sebanyak 85 orang penerima manfaat dana sosial dari UPK-BKAD.

Pada laporannya, Kepala BKAD, menyampaikan bahwa hasil dari pengelolaan kegiatan di UPK-BKAD terutama untuk unit simpan-pinjam. UPK menjadi besar dan mengelola dana sampai sebanyak ini tidak lepas dari peran serta semua pihak yang terlibat. Atas kerja keras BKAD pula sampai dengan sekarang masih tetap konsisten menhhasilkan keuntungan yang pada akhrinya juga akan dikembalikan demi kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan selanjutnya, Camat Kecamatan Wonosari (Drs.  Siswanto) menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BKAD yang telah mampu mengelola dana dengan baik sehingga dapat memberikan keuntungan. Lebih lanjur beliau menekankan bahwa hendaknya ini bisa digunakan untuk kemaslahatan umum.

Kepala Dinas DP3AKB-PMD Kabupaten Gunungkidul (Sujoko, S.Sos, M.Si) juga menyampaikan bahwa kedepan BKAD harus segera berbadan hukum sehingga akan lebih punya legal-formal, syukur bisa berintegrasi dengan BKM dan bahkan sampai dengan BUMDES. Dengan sinergitas ini diharapkan nanti, tata kelola BKAD dapat lebih jelas dan terukur. Beliau juga berharap bantuan yang diberikan langsung kepada warga adalah yang memang benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai salah sasaran, apalagi sampai nanti hasil bantuannya dijual menjadi keuntungan uang, tetapi barang/alat bantuan ini dapat meningkatkan produktifias usaha yang dimiliki masing-masing, yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan.

Pada acara ini juga diserahkan secara simbolis bantuan sosial dari UPK kepada 14 Kepala Desa penerima oleh Kepala Dinas DP3AKB-PMD Kabupaten Gunungkidul. Secara simbolis juga diserahka bantuan kepada para 3 penerima manfaat bantuan sosial, diserahkan masing-masing oleh Camat Wonosari, Kepala Desa dan Kepala BKAD. Khusus untuk Desa Wonosari, mendapatkan total bantuan dana sosial Rp. 54.500.000,- untuk total 86 penerima manfaat. Sebanya 3 penerima manfaat sudah menerima simbolis tadi, sedangkan sebanyak 83 lainnya diserahkan langsung oleh Kepala Desa Wonosari seusai acara ditutup. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk seluruh warga Desa Wonosari.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage