Workshop Penyusunan Produk Hukum Desa

06 Desember 2017 19:35:50 WIB

Bagian Hukum Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul selenggarakan Workshop Penyusunan Produk Hukum Desa pada Selasa (5/12) di Ruang Rapat II Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul. Lebih dari 20 orang perwakilan Desa dan Kecamatan dihadirkan dalam acara ini. Bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Seksi Bina Administrasi Perangkat Desa : Kriswantoro, S.STP, MM, Kepala Bagian Hukum Hery Sukaswadi, SH, MH dan Kepala Sub Bagian Rancangan Hukum Fahrudin, SH.

Pada sambutannya, penyelenggara menyampaikan bahwa Workshop Penyusunan Produk Hukum Desa ini dilaksanakan secara maraton mulai Senin (4/12) sampai dengan Kamis (7/12) dengan menghadirkan perwakilan dari seluruh Desa di Kabupaten Gunungkidul yang membidangi penyusunan Produk Hukum Desa. Tujuan dari acara ini adalah memberikan pemahaman secara penuh kepada Desa, agar dalam penyusunan Produk Hukum baik Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa, Keputusan Kepala Desa dan lain sebagainya dapat terlaksana dengan baik dan benar sesuai dengan regulasi. Desa Wonosari bersama dengan 19 desa lainnya mendapatkan jadwal pada hari Selasa (5/12)  ini.

Narasumber pertama (Kriswantoro, S.STP, MM) menyampaikan tentang teknis penyusunan Produk Hukum Desa, dari awal rancangan sampai dengan publikasi. Dasar dan substansi dari Produk Hukum yang akan diundangkan desa harus jelas, baik maksud tujuan maupun batang tubuhnya. Sehingga diperlukan ketilitan dan kehati-hatian dalam menyusun produk hukum desa.

Narasumber kedua Kepala Bagian Hukum Hery Sukaswadi, SH, MH menyampaikan tentang Ragam Bahasa Peraturan Perundang-Undangan. Bahwa ragam bahasa yang dituangkan dalam Produk Hukum Desa harus jelas, tidak ambigu serta baku. Penjelasan dilanjutkan oleh Kepala Sub Bagian Rancangan Hukum Fahrudin, SH. dengan dengan membahas batang tubuh Produk Hukum sampai dengan praktek membuat Produk Hukum : Keputusan Kepala Desa. Setelah praktek usai, acara diakhiri pada pukul 12.30 WIB.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Facebook Grup

Facebook Fanspage